BIASAKANLAH HIDUP SEHAT DAN MEMBAGIKANNYA

Senin, 24 November 2014

Psychology Warna Dalam Kesehatan

Terapi warna juga dikenal sebagai chromatherapy adalah prinsip bahwa warna tertentu dimasukkan bersama kekuatan penyembuhan. Tujuh warna pelangi meningkatkan keseimbangan dan penyembuhan dalam pikiran dan tubuh. Bentuk terapi ini juga berhubungan dengan hydrotherapy dan aromatherapy untuk meningkatkan efek penyembuhan.
Ayurveda adalah bentuk kuno dari pengobatan yang berhubungan dengan terapi warna yang dipraktekkan di India selama bertahun-tahun. Ayurveda menggunakan energi yang melekat dalam spektrum warna untuk mengembalikan keseimbangan dalam diri individu. Mereka yang berlatih terapi warna menghubungkan tujuh warna dari spektrum ke area khusus dari tubuh yang dikenal sebagai cakra. Di Mesir kuno, mereka merancang kuil penyembuhan khusus yang menangkap dan memecah sinar matahari dalam komponen warna yang menciptakan cahaya pada kamar mandi yang digunakan oleh dokter Mesir.
Kita dapat menerapkan terapi warna dalam rutinitas sehari-hari kita dalam beberapa cara. Mengenakan pakaian atau makan makanan dengan warna tertentu, mengekspos tubuh pada cahaya yang berwarna atau membayangkan warna adalah metode dari terapi warna. Lingkungan, lukisan dinding dan pemilihan warna tertentu untuk jendela, perabotan dan hiasan juga bentuk terapi warna yang diketahui mempunyai manfaat  positif bagi kesehatan.
Penelitian menunjukkan warna langsung mempengaruhi perilaku manusia. Mengetahui prinsip-prinsip dasar dari setiap warna dan bagaimana menggunakannya secara akurat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang cocok untuk pengaturan perumahan atau kesehatan. 
Warna memainkan peran penting bagaimana orang merespon untuk menghabiskan waktu dalam ruang tertentu. Sebagai contoh, warna dinding dan kain untuk sebuah ruangan mempengaruhi respon seseorang pada ruangan itu. Sering, respon untuk warna ini berkorelasi langsung dengan kenyamanan dan kesejahteraan orang tesebut.
Desainer menggunakan warna untuk menarik perhatian atau untuk membedakan dari elemen interior dan exterior.Ini dilakukan untuk menyorot fitur desain positif sementara meminimalkan  struktur elemen yang kurang menarik.
Sebuah skema warna netral atau pastel mungkin cocok di ruang rumah sakit di mana pasien cenderung rawat inap hanya seminggu. Namun, di fasilitas perawatan jangka panjang, pasien menghabiskan sejumlah besar waktu dalam satu ruangan, dan warna dapat menjadi membosankan, serta sulit untuk digunakan bagi penderita low vision. Fasilitas perawatan jangka panjang dan panti jompo harus menyediakan kamar dengan keseimbangan warna dan campuran nada kontras. Pada dasarnya, idenya adalah untuk menjaga ruang segar dan menarik dengan isyarat visual yang jelas.
Warna dan desain interior ruang adalah masalah kenyamanan serta fungsi. Fasilitas khusus, seperti ubtuk orang-orang dengan penyakit Alzheimer, harus menghindari pola karena bisa menciptakan kebingungan.
Mendekorasi ruang dengan warna merah, biru, kuning dan hijau dapat digunakan untuk memulihkan kesehatan seseorang. Warna-warna ini menghubungkan dengan sesuai pada tubuh, pikiran dan emosi -dan keseimbangan penting antara mereka.  Menurut colorconnections.com, sifat psikologis warna ini adalah sebagai berikut:
  • Merah meningkatkan suhu darah dan merangsang sirkulasi. Merah digunakan untuk merawat penderita anemia, kelelahan, kelumpuhan.
  • Biru adalah menenangkan. Hal ini digunakan untuk kasus-kasus kondisi peradangan, luka bakar, dan memar. Ini juga membantu pada eksim, psoriasis, ruam, dan luka. Selain itu, biru membantu meringankan ketegangan, stres, dan masalah dengan sistem kekebalan tubuh. Diyakini juga untuk meringankan insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi, migrain, dan iritasi kulit.
  • Kuning digunakan untuk membantu pencernaan serta hati dan proses usus. Kuning diduga memiliki sifat antibakteri dan dekongestan untuk bertindak sebagai pembersih bagi tubuh. Dan diketahui untuk membantu meringankan rematik dan radang sendi.
  • Hijau menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam tubuh. Ini sangat baik untuk jantung dan masalah darah. Diketahui mempengaruhi struktur sel manusia dan otot. 
  • Oranye memberikan vitalitas tubuh dan berhubungan dengan ginjal, saluran kemih, dan organ reproduksi. 
  • Ungu dikaitkan dengan mata, telinga, hidung, dan mulut. Ini membantu sakit kepala dan sinus, dan dikenal untuk menenangkan sistem saraf
Saat ini terapi warna telah dikenal untuk menghasilkan respons emosional yang luar biasa pada individu. Apakah warna yang digunakan untuk mendorong penyembuhan atau untuk meningkatkan fungsi ruang, terapi warna bisa mempunyai pengaruh sangat kuat.

Catatan: Informasi ini adalah untuk tujuan pengetahuan saja dan tidak boleh digunakan untuk mendiagnosa atau mengobati penyakit. Jika Anda memiliki gejala apapun, silahkan mengunjungi dokter Anda 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar