BIASAKANLAH HIDUP SEHAT DAN MEMBAGIKANNYA

Minggu, 19 Januari 2020

Efek Samping dan Manfaat Konsumsi Buah Durian


Sejumlah wilayah di Indonesia diketahui sedang musim buah durian pada Januari ini.

Buah durian memiliki nama ilmiah Durio zibethinus. Buah ini merupakan buah asli dari Asia Tenggara.

Meski buah yang kulitnya penuh duri ini dikenal memiliki rasa yang enak, namun Anda sebaiknya tak terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.

Durian merupakan makanan yang cukup menjadi favorit bagi masyarakat Asia Tenggara. Banyak yang suka buah ini namun banyak juga yang sangat membencinya bahkan hanya dari baunya.

Dalam buah ini terkandung senyawa alkohol (etanol, methanol, ethyl metacrylate) serta berbagai senyawa sulfur.

Dampak dari senyawa alkohol di antaranya adalah meningkatkan tekanan darah.

Sehingga pengidap hipertensi dan penyakit seperti jantung koroner, stroke atau gangguan ginjal apabila mengonsumsinya bisa berdampak buruk.

Selain itu buah durian juga mengandung lemak dan glukosa yang cukup tinggi.

Lemak sebetulnya merupakan lemak tak jenuh.

Akan tetapi saat buah matang glukosa bisa berubah menjadi alkohol. Alkohol dan glukosa ini perlu menjadi perhatian terutama yang memiliki riwayat diabetes.

Buah ini juga disebut bisa berbahaya untuk lambung kalau memang Anda sedang terkena serangan akut, lagi sakit maag-nya kambuh, begah. Kondisi seperti itu tidak dianjurkan makan durian.

Buah durian memang mengandung gas. Sehingga, tidak direkomendasikan pada orang-orang dengan kondisi tertentu. Namun, apabila orang tersebut memiliki kondisi lambung yang tenang, boleh-boleh saja menyantap buah dengan aroma khas nan tajam ini. Tapi tetap tidak boleh berlebihan. Karena tetap durian mengandung gas, dan bisa memicu gasnya sehingga menjadikannya kambuh.

Tidak ada makanan atau minuman tertentu yang harus disertakan ketika makan durian agar tubuh terhindar dari masalah. Namun, hindari mengonsumsi durian secara berlebihan. Lalu, hindari juga mengonsumsi buah ini dengan makanan lain tinggi kalori, sebab durian memiliki kalori tinggi. Jika ada yang mengalami stroke, serangan jantung, setelah makan durian banyak, hal ini bisa terjadi ketika seseorang makan durian berlebihan, lalu mengonsumsi makanan berkalori tinggi dalam waktu singkat.

Beban jantung jadi keras untuk bekerja, dalam kalori yang masuk tersebut. Akhirnya peningkatan jalur gula darah tinggi, naik, bisa serangan jantung.

Kandungan kalori yang tinggi inilah yang menghasilkan pembakaran berlebihan di tubuh yang kemudian menimbulkan manifestasi terasa panas dalam tubuh.

Tiap 100 gram durian memiliki kalori sekitar 120-180 kalori.

Satu daging durian dengan daging buah seberat 500 gram mengandung 600-900 kalori.

Maka bila memakan empat buah durian maka akan mendapat ledakan energi instan sebesar 2.400-3.600 kalori melebihi kebutuhan harian rata-rata.

Selain itu, buah durian juga tak dianjurkan bagi wanita hamil.

Kendati memiliki efek samping, durian tetap aman untuk dimakan selama dinikmati dalam batas wajar.

Pasalnya buah ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Mencegah dan mengatasi sembelit
  • Membantu mencegah anemia
  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Mengatur kadar gula darah
  • Membantu menjaga fungsi tiroid
  • Mendorong nafsu makan
  • Membantu meredakan migrain
  • Membantu mencegah Depresi
  • Berperan dalam pembentukan tulang dan gigi

Untuk tetap bisa menikmati buah durian, masyarakat tidak disarankan untuk mengkonsumsi durian bersama alkohol, tape dan kopi karena dapat berdampak pada tekanan darah.

Serta sebaiknya disarankan untuk minum air putih setelah mengonsumsi durian. Minum Oxy Activated Water untuk hasil maksimal.

3 keunggulan Oxy Activated Water






Tidak ada komentar:

Posting Komentar