BIASAKANLAH HIDUP SEHAT DAN MEMBAGIKANNYA

Kamis, 03 Juli 2014

Miliki Kulit Sehatmu

Dewasa ini pemakaian AC di Indonesia tidak hanya di kantor, tetapi di rumah pun sudah menjadi hal biasa  dan ternyata justru menjadi suatu kebutuhan. Banyak yang tidak menyadari kenyamanan pemakaian AC dalam jangka panjang juga dapat berdampak buruk. Dampak buruk yang mudah dilihat dan dirasakan adalah pada kulit yang tidak sehat. Padahal sebagai lapisan terluar daru tubuh manusia, kulit bagaikan perisai yang melindungi tubuh dari serangan lingkungan luar tubuh.
Pemakaian AC dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan kulit dan rambut. Hal ini terjadi karena AC akan menyerap kelembaban dalam ruangan sehingga mengakibatkan kulit kering dan rambut kehilangan kelembaban. Ketika kulit mengalami kekeringan maka akan mudah muncul gatal sehingga banyak dikatakan bahwa penyejuk udara dapat memperburuk kelainan kulit yang diderita seseorang.
Hilangnya air dan kekurangan air pengganti dari jaringan kulit dapat menyebabkan kulit mengelupas, kering dan pecah-pecah. Kulit mengelupas, kering dan pecah-pecah bahkan bisa juga terjadi pada kulit wajah. Air sangat penting untuk menjaga aliran darah. Air juga berguna untuk mempertahankan elastisitas kulit karena ketika kelembaban hilang, secara perlahan sel-sel kulit akan mengalami kematian dan efeknya kulit dapat mengalami penuaan dini.
Berikut merupakan tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak pemakaian AC dalam jangka panjang terhadap kulit:
  • Minum! Jangan menunggu sampai merasa haus, karena air mudah diserap oleh tubuh. Konsumsi air mnum dalam jumlah yang cukup merupakan salah satu cara yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan kulit, terlebih bila air yang dikonsumsi merupakan air berkualitas yang menyehatkan.
  • Gunakan lotion untuk melembabkan kulit, bukan krim. Oleskan pada leher, muka, siku dan lutut. Lotion berbasis air akan lebih melembabkan. Bila memang diperlukan gunakan krim setelah lotion, untuk membantu menjaga kelembaban kulit.
  • Untuk kulit wajah, gunakan Spray Wajah yang berisi air berkualitas. Spray Wajah akan mengeluarkan air dalam bentuk partikel air yang lebih kecil. Bentuk partikel air yang lebih kecil ini akan meningkatkan penyerapan molekul. Molekul air yang terserap akan masuk ke pori-pori wajah menggantikan air yang hilang akibat pemakaian AC dan memberikan rasa rileks sehingga kulit akan lebih segar dan membantu melembabkan kulit wajah.
  • Karena mungkin sulit untuk mematikan AC di kantor, cobalah untuk tidak menggunakan AC ketika di rumah. Minimalkan penggunaan AC.
  • Sediakanlah mangkuk yang berisi air  dan taruhlah di dalam ruangan ber AC. Hal tersebut dilakukan karena penyejuk ruangan menarik kelembaban dari ruangan, mangkuk yang berisi air ini berfungsi untuk meredam dampak pengeringan pada kulit saat kita berada di dalam ruang yang ber AC. 
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar