BIASAKANLAH HIDUP SEHAT DAN MEMBAGIKANNYA

Senin, 03 Agustus 2015

Mengatasi Hidung Tersumbat


Sebagian besar pasti sudah pernah mengalami hidung tersumbat. Hal ini tentu saja bisa mengganggu aktivitas keseharian, khususnya ketika hendak tidur. Sulit tidur karena bernafas menjadi sulit.
Hidung yang tersumbat bisa terjadi pada salah satu hidung atau keduanya. Penyebab dari gejala ini perlu dicari. Gejala-gejala dari hidung tersumbat juga perlu dimengerti.

Radang Hidung

Radang hidung dibagi ke dalam dua kategori yaitu radang karena masalah infeksi dan non infeksi. Infeksi bisa diakibatkan karena virus dan jamur. Untuk yang non infeksi, bisa diakibatkan karena ketidak seimbangan pada saraf rongga hidung, dikenal juga dengan rintis vasomotor namun juga dapat diakibatkan oleh alergi.
Tonsilitis (amandel), sinusitis (radang di sinus) serta adenoiditis (adenoid) juga menyebabkan gangguan hidung tersumbat.

Hidung Tersumbat Untuk Jangka Waktu Lama

Bisa dikarenakan beberapa hal ini: rinitis alergi, alergi serbuk sari, paparan zat kimia, sakit kepala cluster, sinusitis kronis, polip hidung, septum menyimpang, tumor dan juga kelainan anatomi contohnya karena sekat hidung yang patah (operasi plastik memiliki efek perubahan di sekat hidung -yang menjadi berlubang- kecelakaan yang mengakibatkan tulang hidung patah, rongga hidung yang terlalu sempit atau lebar, juga beragam kelainan anatomi yang lain).

Mengatasi Hidung Yang Tersumbat
  1. Membuang ingus jangan terlalu keras. Jika melakukan terlalu keras, bisa mengakibatkan lapisan di dalam hidung menjadi makin meradang, ujung-ujungnya penyumbatan yang terjadi akan semakin berat.
  2. Cobalah menghirup uap dari air panas untuk meredakan hidung tersumbat. Pastikan airnya tidak membuat kulit melepuh. Tambahkan sedikit teh chamomile ke dalam air dan gantungkan handuk di atas kepala untuk menangkap lebih banyakuap air. Kelembaban dari uap air panas ini bisa membantu dalam meringankan peradangan yang terjadi di organ pernafasan.
  3. Tambahkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat, lalu aduk hingga garamnya larut. Teteskan air garam tersebut ke dalam satu lubang hidung menggunakan pipet sambil memiringkan kepala sedikit ke belakang. Biarkan air garam berada dalam lubang hidung selama 10 detik, kemudian keluarkan air garam dan lendir dari lubang hidung dengan lembut. Ulangi pada lubang hidung satunya.
  4. Lakukan mandi shower selama sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan air paling hangat yang bisa Anda tahan. Tarik dan keluarkan napas dengan dalam untuk mengisi paru-paru dan rongga hidung dengan uap.
  5. Tetap menghadap ke atas dan ganjal kepala agar mengarah ke atas ketika tidur. Hidung mampet yang disebabkan oleh vasomotor rhinitis dapat berpindah ke salah satu bagian rongga hidung ketika berbaring di salah satu sisi tubuh yang memperparah hidung tersumbat. Ganjal kepala dengan beberapa bantal jika berbaring dan cobalah untuk tidur telentang jika memungkinkan.
  6. Luangkan waktu untuk memberi tekanan pada wajah di tempat yang kemungkinan bisa memberi hasil yang baik. Tempatkan dua jari telunjuk di cekungan kedua mata Anda, tepat di atas hidung, tetapi di bawah alis. Dengan gerakan memutar ke arah luar, mulailah memijat sinus di sekitar hidung Anda dengan jari-jari Anda. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik. Tempatkan dua jari telunjuk di bagian luar mata Anda, tepat di bawah kedua mata Anda. Sekali lagi, dengan gerakan memutar ke arah luar, pijat sinus di sekitar mata Anda menggunakan jari-jari Anda. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik. Tempatkan dua ibu jari Anda di kedua tulang pipi. Pijat tulang pipi Anda dengan gerakan ke arah luar menggunakan dua ibu jari Anda. Lakukan ini selama 20 sampai 30 detik. Ulangi lagi pijatan Anda, atau sampai sinus Anda cukup lega.
  7. Dokter berhipotesis bahwa protein beta-CM-7 di dalam susu dapat menghasilkan dahak, terutama pada orang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru. Jika Anda ingin aman, hindari susu dan produk susu lainnya. 
  8. Makanan pedas, seperti paprika, horseradish/lobak pedas (wasabi), dan jahe bisa meredakan hidung tersumbat untuk sementara waktu.
  9. Pereda hidung tersumbat yang baik adalah air panas, lemon, dan madu. Peras satu buah lemon segar ke dalam cangkir, tambahkan 2 sdm madu ke dalam air panas dan lemon tersebut.
  10. Masukan sekitar 5 sdt minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil atau cangkir. Gunakan mangkuk keramik atau kaca, bukan plastik. Tambahkan sekitar 5 tetes minyak kayu putih murni. Aduk minyak zaitun dan minyak kayu putih tersebut hingga menyatu sepenuhnya. Gulung selembar tisu, celupkan salah satu ujungnya ke dalam minyak, dan masukkan gulungan tadi ke salah satu lubang hidung. Lakukan hal yang sama dengan memasukkan satu gulungan tisu yang lain ke dalam lubang hidung yang lain. 
Tips

  • Pastikan untuk minum banyak cairan, terutama air putih atau jus.
  • Gunakan kehangatan. Misalnya, mandilah dengan air hangat sebelum Anda tidur, tempelkan handuk hangat pada hidung Anda, tempelkan penyeka wajah yang panas pada wajah Anda dan biarkan menempel di sana selama 10-20 detik tetapi bernapaslah jika diperlukan. Ini akan mengendurkan lendir dan membantu Anda untuk meniupnya dengan lebih mudah.
  • Angkat kepala Anda. Misalnya, tidurlah dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi; ini dapat membantu untuk melepaskan lendir. Tinggikan kepala Anda, tempelkan handuk hangat pada hidung selama 5-10 menit. Ulangi jika perlu. Tidurlah dengan telentang.
  • Beberapa orang merasa terbantu dengan menggulung sepotong tisu dan merendamnya dalam larutan air garam (atau air saja) dan menempatkan gulungan tersebut ke dalam lubang hidung yang tersumbat.
  • Jika pengobatan rumahan tidak berhasil, cobalah menggunakan obat tanpa resep. Jika hidung Anda tetap tersumbat selama setidaknya satu minggu, Anda mungkin harus pergi dokter karena Anda bisa memiliki infeksi pada hidung Anda.

1 komentar: