BIASAKANLAH HIDUP SEHAT DAN MEMBAGIKANNYA

Senin, 01 Februari 2016

Nutrisi

Energi
Energi diukur dalam kilojoules atau kilo kalori, Tubuh membutuhkan energi untuk pertumbuhan, metabolisme dan kegiatan. Energi yang tidak dimanfaatkan oleh tubuh disimpan dalam bentuk lemak untuk digunakan kembali pada saat diperlukan. Suatu hal yang penting untuk menjaga agar jumlah energi dari makanan yang kita konsumsi seimbang dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh. Apabila tubuh tidak mendapatkan cukup energi, maka tubuh akan menjadi lesu dan kehilangan berat badan.

Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Dalam proses pencernaan, karbohidrat akan diuraikan menjadi komponen penyusunnya, gula sederhana. Karbohidrat ini merupakan sumber energi yang paling mudah dimanfaatkan dan juga paling mudah untuk diubah menjadi cadangan energi.

Protein
Protein digunakan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan peremajaan sel-sel tubuh. Adalah suatu hal yang mendasar bahwa kebutuhan akan protein terpenuhi untuk berfungsinya tubuh dengan sehat. Makanan yang kaya protein termasuk daging merah, ayam, ikan, telur, produk susu, kacang dan biji-bijian.

Indeks Glycaemic
Indeks Glycaemic (IG) adalah suatu cara untuk mengukur pengaruh sejumlah tertentu karbohidrat dalam makanan terhadap kadar gula darah. Berdasarkan nilai IG, makanan dikelompokkan dalam IG rendah, sedang atau tinggi. Karbohidrat dari makanan yang ber IG rendah lebih lambat diserap ke dalam peredaran darah sehingga membantu terjaganya kestabilan kadar gula darah. Dibanding dengan nilai kandungan gula, IG dari suatu makanan merupakan petunjuk yang lebih tepat terhadap pengaruh makanan tersebut terhadap peningkatan kadar gula darah.

Lemak
Lemak dapat dikelompokkan sebagai jenuh, tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Petunjuk diet seringkali menganjurkan kita membatasi konsumsi lemak, khususnya lemak jenuh. Sejumlah kecil lemak tak jenuh akan mencukupi kebutuhan akan asam lemak esensial dan vitamin-vitamin yang larut lemak. Sebagai sumber energi, lemak menghasilkan energi yang besar dibanding karbohidrat dan protein dalam berat yang sama. Karena itu lemak memberikan kontribusi yang paling besar terhadap peningkatan berat badan.

Kolesterol
Kolesterol adalah salah satu pembentuk membran sel dan beberapa hormon. Manusia tidak perlu mengonsumsi kolesterol karena tubuh manusia memproduksi kolesterol dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Berlebihan dalam pemasukan kolesterol cenderung mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.

Natrium
Natrium adalah komponen utama garam. Manusia memang memerlukan natrium untuk dapat bekerja dengan baik, akan tetapi manusia seringkali mengonsumsi  garam lebih dari yang dibutuhkan.

OXY Drinking Water melancarkan metabolisme sehingga berpengaruh pada proses detoksifikasi dan daya serap nutrisi tubuh akan bertambah. Keluhan yang seringkali muncul antara lain: tekanan darah yang tidak stabil, mudah stress dan gugup dan penyakit pada pembuluh darah tak muncul lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar